JURNAL, MAKALAH, DAN SKRIPSI


APA YA PENGERTIAN JURNAL, MAKALAH, DAN SKRIPSI?
Apa itu jurnal?
Jurnal adalah publikasi ilmiah yang berisi kumpulan artikel dan pada umumnya terbit secara reguler, seperti misalnya dua kali atau empat kali dalam setahun. Naskah artikel yang ditulis untuk jurnal direview atau dievaluasi oleh tim reviewer sebelum masuk ke meja editorial jurnal. Reviewer artikel jurnal biasanya lebih dari satu orang yang merupakan pakar di bidang studi tertentu sesuai dengan topik yang ditulis dalam artikel.
Jurnal pada umumnya berisi sejumlah referensi yang menjadi rujukan penulisan tiap artikel. Jenis artikel yang ditulis tak sebatas laporan penelitian, namun bisa pula berupa review literatur. Artikel jurnal yang menrupakan laporan penelitian secara tipikal terdiri dari beberapa bagian dari judul, abstrak, deskripsi pengantar, kajian pustaka, metodologi, hasil analisis, diskusi dan implikasi hasil penelitian. Kadang disertai usulan tentang agenda riset lanjutan dan rekomendasi.
Apa itu makalah?
a.    Makalah adalah karangan ilmiah yang dibuat berdasarkan pengamatan dan atau penelitian tentangsesuatu hal yang biasanya untuk dipresentasikan pada suatu seminar, sidang, atau diskusi.
b.    Diangkat dari suatu kajian literatur dan atau laporan pelaksanaan kegiatan lapangan.
c.    Ruang lingkup makalah berkisar pada cakupan permasalahan dalam suatu mata kuliah.
d.    Memperlihatkan kemampuan mahasiswa tentang permasalahan teoritis yang dikaji atau dalammenerapkan suatu prosedur, prinsip atau teori yang berhubungan dengan perkuliahan.
e.    Memperlihatkan kemampuan para mahasiswa dalam memahami isi dari sumber-sumber yangdigunakan.
f.     Menunjukkan kemampuan mahaiswa dalam merangkai berbagai sumber informasi sebagai satukesatuan sintesis yang utuh.
g.    Terdiri dari3 bagian pokok ( Pendahuluan, Isi, dan Kesimpulan )
Apa itu skripsi?
adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.
Skripsi bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya. Mahasiswa yang mampu menulis skripsi dianggap mampu memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya. Skripsi merupakan persyaratan untuk mendapatkan status sarjana (S1) di setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALAT-ALAT BERAT DALAM KONSTRUKSI TEKNIK SIPIL

KAPASITAS PRODUKSI ALAT-ALAT BERAT

YUK CARI TAU TENTANG JEMBATAN!