Pembangunan Kreatif Infrastruktur

PEMBANGUNAN WILAYAH HIJAU DI
DAERAH PADAT KENDARAAN

            Sejak dahulu Bogor sudah dikenal dengan kota sejuk. Siapa yang meragukan keindahan kota bogor?Udaranya yang sejuk (baca:musim hujan), pepohonan yang rimbun menjuntai-juntai begitu indah hingga ke tengah kota. Pemandangan yang luar biasa manakala pertama kali menapakan kaki di kota ini 6 tahun  lalu. Tidak pernah bosan melihat hijaunya pepohonan dan jalan-jalan bertebing di sekitar puncak :). Tentunya bukan saya saja yang merasa kota ini indah, turis-turis dari manca negara pun berfikir demikan, bahkan penduduk jakarta pun menjadi pelanggan setia daerah puncak setiap tahun baru tiba. Yap mereka berbondong-bondong bak semut yang mengantri mencari makan dijalan. Mereka rela bermacet-macet ria setiap tahunnya guna melepas stress dan menikmati indahnya kota ini saat perayaan tahun baru tiba.
            Namun banyak kawasan di Bogor yang mulai tidak tersentuh pembangunan infrastruktur oleh pemerintah. Contohnya, Bogor Wilayah Barat. Wilayah disini sangat jarang tersentuh pembangunan apalagi penghijauan. Sangat dibutuhkan sekali pembangunan penghijauan disekitar daerah Bogor yang dikenal sejuk ini. Sudah banyak pembangunan mall-mall yang mengelilingi kota Bogor dan sedikit sekali adanya taman-taman hijau di Bogor. Penggunaan ruang hijau pada suatu wilayah sebenarnya sangat di butuhkan tanpa harus dituliskan secara formal oleh suatu pihak. Setelah bergelut dengan rutinitas di tempat kerja, kampus maupun sekolah membuat seseorang ingin melepaskan penatnya dengan menghirup udara segar yang kini mulai sulit di dapatkan di sekitar kita. Kebutuhan akan sebuah ruang hijau itu membuat peran sebuah taman kota menjadi penting dan layak diperhitungkan keberadaanya. Hal ini di dukung pula oleh keadaan kota dengan segala pembangunannya dimana pemerintah terus menerus mendirikan mal-mal di batas kota, pabrik, jalan tol, dan pusat perkantoran pemerintahan yang telah menaikkan suhu di kawasan itu karena pembangunannya tidak diimbangi dengan membuat taman, hutan kota, membuat jalur hijau, menanami bahu jalan, menghijaukan pinggiran sungai, dan kawasan terbuka lainnya.
            Manfaat taman hijau antara lain,
1)      Fungsi Ekologi
Taman kota secara tidak langsung berperan sebagai penjaga kualitas lingkungan kota. Pepohonan yang ada di sekitar taman tersebut mampu menjaga keseimbangan ekologis, dengan menjaga keanekaragaman hayati, berperan sebagai filter udara kota, dari berbagai gas pencemar, debu, gas pengikat karbon, serta sebagai pengatur iklim mikro.
2)      Fungsi Hidrologis
Taman kota sebagai lahan terbuka hijau membantu fungsi hidrologi tanah dalam menyerap air dan mereduksi potensi banjir. Diperkirakan setiap hektar ruang terbuka hijau mampu menyimpan 900 m3 air tanah per tahun.

3)      Fungsi Estetika
Disadari atau tidak, taman kota telah membentuk dan membangun citra dari suatu kota. Pencitraan yang baik tentang sebuah kota, sesungguhnya dipengaruhi oleh dampak dari keadaan lingkungan perkotaan yang nyaman. Taman kota menjadi penting karena dapat berperan sebagai sarana pengembangan budaya kota, pendidikan dan menjadi pusat-pusat kegiatan kemasyarakatan. Pola taman kota yang biasa dilengkapi dengan aneka bunga warna-warni, serta penataan yang indah dapat membantu menghilangkan penat dan menjadi sumber inspirasi bagi pengunjungnya.
4)      Fungsi Kesehatan
Kita tahu bahwa dalam tubuh manusia terdapat organ hypothalamus yang mengatur mekanisme suhu tubuh agar tetap pada kisaran 37 derajat C. Tingginya suhu telah menyebabkan hypothalamus bekerja lebih keras dan merangsang pori-pori kulit membesar sehingga peredaran darah menjadi cepat, dan keringat akan deras ke luar, atau timbulnya reaksi tubuh yang berguna untuk mengurangi panas tubuh yang berlebih.
5)      Fungsi Rekreasi
Keindahan taman kota yang terjaga dengan baik akan menjadi tujuan masyarakat untuk menghabiskan sisa-sisa waktunya dengan menikmati indahnya taman tersebut.
6)      Fungsi Simbolik
Suatu taman kota dapat mencerminkan sebuah keindahan kota tersebut serta penghargaan terhadap perjuangan yang telah dilakukan oleh warga sekitar pada masa kemerdekaannya
            Mengapa taman kota sangat dibutuhkan di Bogor ?
1.      Bogor adalah kota sejuk sehingga kesejukkan harus dipertahankan dengan adanya taman hijau
2.      Penduduk Bogor sangat membutuhkan taman hijau jarena Bogor adalah salah satu kota dengan kendaraan yang cukup banyak sehingga  mereka bisa menghilangkan stress apabila mengunjungi taman kota.

3.      Masyarakat kota Bogor bisa memiliki tujuan rekreasi selain hanya mengunjungi mall saja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALAT-ALAT BERAT DALAM KONSTRUKSI TEKNIK SIPIL

KAPASITAS PRODUKSI ALAT-ALAT BERAT

YUK CARI TAU TENTANG JEMBATAN!