Bullying karena Kurangnya Kesadaran Masyarakat

Bullying Semakin Marak


Masalah sosial seringkali timbul dalam lingkungan masyarakat. Masalah sosial itu sendiri adalah suatu kondisi dimana terjadi ketidaksesuaian unsur-unsur masyarakat berupa perilaku ataupun tindakan yang terjadi dalam lingkup sosial masyarakat. Masalah sosial yang terjadi di masyarakat ada banyak jenisnya, seperti kemiskinan, pengangguran, penyimpangan seksual, bullying dan sebagainya. Masalah sosial itu sendiri terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya penyelesaian akan masalah sosial yang terjadi. Masyarakat cenderung tidak perduli atau enggan ikut campur dalam masalah sosial tersebut, mereka lebih memilih untuk tidak terlibat dan acuh akan masalah social yang terjadi. Sehingga banyak sekali korban yang timbul akibat masalah sosial ini, sebut saja cyber bullying, dimana ada seseorang yang menjadi korban cemooh orang lain yang mengakibatkan orang tersebut terus menerus diejek hingga adanya masalah dimana korban melakukan bunuh diri dan mengakhiri hidupnya, dan masyarakat seolah acuh tak acuh dengan masalah yang terjadi tersebut. 

Bullying adalah ancaman yang dilakukan seseorang untuk menakuti atau mengancam pihak lain yang lebih lemah. Bully biasanya dilakukan oleh orang-orang yang merasa lebih kuat dibanding dengan orang yang diancamnya. Bully ada yang berlangsung lama, namun ada juga yang berlangsung sebentar saja. Penyebab bullying seringkali berujung pada kasus-kasus berat seperti bunuh diri atau kematian si korban. Namun kerapkali masalah sosial ini hanya dianggap sebelah mata sehingga korban kurang mendapat dukungan atau perhatian. Ketika seseorang memiliki kekuasaan, mereka cenderung menganggap orang lain yang tidak memiliki apa yang ia punya lebih rendah daripada dirinya, sehingga muncul rasa sombong dan keinginan untuk mencemooh orang lain, orang-orang tersebut biasanya kuat serta pemberani karena mereka tidak akan segan-segan membully orang lain. Korban atau orang yang lebih lemah akan merasa minder dan tidak percaya diri, bahkan bullying bisa mengganggu psikis orang tersebut, dimana ia akan merasa depresi dan juga merasa tidak percaya diri, dimana ujung dari rasa depresinya adalah bunuh diri. Seharusnya masalah sosial seperti bullying dapat dicegah apabila masyarakat lebih peka terhadap lingkungan sosial sekitar, karena kadang hanya dengan pertolongan kecil dari kita itu akan sangat membantu. Namun seringkali masyarakat hanya tinggal diam dan menjadi penonton saat melihat tindakan bullying terjadi. Akhir-akhir ini bullying terjadi pada kasus Awkarin, ia mulai mendapat banyak cacian dan cemooh dari masyarakat saat dirinya menggugah video yang berisi curahan hatinya tentang tindakan masyarakat yang senang membully. Tindakan seperti inilah yang akan menjadi titik awal bullying terjadi. Masalah sosial akan bisa teratasi apabila semua pihak dalam masyarakat ikut turut dalam menyelesaikannya, bukan hanya menjadi penonton dan malah membuat keruh masalah tersebut. 

Masalah sosial bullying akan terselesaikan apabila masyarakat mulai merubah pola pikir mereka terhadap orang-orang yang lemah, dan juga masyarakat harus mulai peka terhadap lingkungan dan sadar bahwa masalah sosial terjadi karena adanya ketidakperdulian terhadap satu sama lain. Bukan hanya masyarakat yang harus mulai membenahi diri mereka, namun kita juga sebagai mahasiswa harus mulai melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengurangi bullying di masyarakat sosial. Dimulai dari lingkup kecil yaitu mahasiswa yang membentuk suatu organisasi atau kelompok untuk memangkas habis tindakan bullying disekitar lingkungan masyarakat. Mahasiswa juga seharusnya melakukan banyak kampanye mengenai "anti-bullying" kepada masyarakat serta menjelaskan apa itu bullying dan bagaimana mengatasinya. Sehingga masyarakat yang tidak mengerti mengenai bullying akan mulai paham dan mengerti, apabila masyarakat sudah mengetahui bullying maka rasa peka akan muncul dan kemungkinan terjadinya bullying akan berkurang. 
Tindakan bullying sebenarnya terjadi hanya karena masyarakat enggan ikut campur membantu korban dan lebih memiluh untuk tidak terlibat. Jadi ketika kita merasa acuh tak acuh maka sama saja kita membiarkan orang-orang kuat terus menindas orang-orang lemah, maka tidak ada salahnya kita turut membantu dan saling mengingatkan bahwa tindakan bullying sangat merugikan dan akan menyebabkan banyak kerugian untuk lingkungan sosial. Kesadaran muncul dari diri sendiri, namun ada kalanya kita perlu mengingatkan orang lain untuk meningkatkan kesadaran mereka terhadap lingkup sosial sekitar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALAT-ALAT BERAT DALAM KONSTRUKSI TEKNIK SIPIL

KAPASITAS PRODUKSI ALAT-ALAT BERAT

YUK CARI TAU TENTANG JEMBATAN!